Pipa Baja Bergelombang Nestable Flange E-100 dan Multi Plate

Gorong-gorong pipa baja bergelombang merupakan solusi efektif dalam perencanaan, waktu dan anggaran pengerjaannya untuk membangun saluran drainase dan jembatan di daerah rawa, sungai dan gambut maupun di perkebunan sawit dan pertambangan dibandingkan kontruksi beton. Gorong-gorong baja bergelombang mengandalkan metode perakitan knock down dengan menyambung lembar demi lembar plat dengan baut. Untuk instalasi hanya memerlukan 4-10 orang tergantung pada tipe, ukuran dan volume gorong-gorongnya. Pada proses pembongkaran juga cepat karena hanya melepas baut. Dalam proses handling dan transportasi juga efisien karena berupa lembaran plat yang jelas ringkas dan padat tumpukannya berbanding gorong-gorong beton. Keunggulan lain pipa baja bergelombang adalah durabilitasnya karena penurunan mutu baja jauh lebih lambat. Adapun dari aspek lingkungan, baja lebih eco friendly karena tidak mengandung batu, pasir dan semen. Silakan hubungi kami untuk harga pipa baja bergelombang saat ini (cek harga jual pipa baja bergelombang).

Finishing akhir produk gorong-gorong pipa baja gelombang dilapis seng untuk anti korosi dengan metode galvanisasi celupan panas atau Hot Dip Galvanize (HDG) menurut standar ASTM A-123 dengan tebal 70-75 mikron yang berfungsi sebagai lapisan anti korosi untuk jangka waktu 15-20 tahun.

 

A. Armco Nestable Flange E-100

Gorong-Gorong Baja atau Culvert tipe Armco Nestable Flange merupakan pipa baja gelombang berbentuk setengah lingkaran (half circular). Pipa gelombang tersebut dibuat dari plat baja lembaran yang diproses pembentukan gelombang (corrugate forming), tahapan selanjutnya adalah proses pelubangan pada sisi pinggir plat untuk lubang baut, kemudian proses melengkungkan plat (curving forming) untuk membentuk profil setengah lingkaran. Proses akhir adalah menekuk bending 90 derajat sisi pinggir plat yang berfungsi sebagai kupingan (arm flange) untuk baut.

Proses perakitan untuk membentuk satu lingkaran gorong-gorong pipa baja bergelombang yaitu dengan menyatukan tangkup dua plat gelombang setengah lingkaran. Dilanjutkan pemasangan baut pada sisi kupingan (arm flange). Kemudahan dan efisiensi waktu instalasi merupakan kelebihan pipa gelombang culvert tipe amco nestable flange/nf e-100. Pipa baja gelombang dipergunakan untuk konstruksi gorong-gorong, saluran drainase, jembatan, terowongan, sumur, dll.

Aplikasi:

  1. Drainase.
  2. Saluran irigasi.
  3. Jembatan bentang pendek.
  4. Penutup conveyor line (half cilcular culvert).

Spesifikasi :

  1. Diameter : 400 mm – 2.100 mm.
  2. Tebal Plate : 2,0 mm – 3,5 mm
  3. Panjang Plate : 1.000 mm
  4. Panjang penutup lajur (end section) : 250 mm & 750 mm
  5. Minimal tebal timbunan atas (Back Fill) : 60 cm

 

 

Pabrikasi pipa gorong-gorong armco nestable flange

 

B. Multi Plate Pipe

Merupakan pipa baja bergelombang yang terdiri dari penyusunan lembar demi lembar plat/segmental yang sudah dibentuk radius, lalu dirakit lembar demi lembar segmen plat dengan baut sesuai dengan bentuk dan ukuran yang dibutuhkan.

Pipa baja gelombang tipe multi plate ini terdiri dari:                           

  • Multi Plate Pipe Arches MPPA (span 3220 s/d 6010 mm).
  • Multi Plate Super Span (MPSS; HPAS; LPAS). Ketebalan plate untuk tipe ini adalah 3 s/d 7 mm.
  • Multi Plate Pipe/MPP (dia 1500 s/d 8550 mm).
  • Multi Plate Arches/MPA (span 2000 s/d 8500 mm).

 

 

 


© Copyright content PT. Helori Grahasarana, 1998-2016. All rights reserved.